Di Tulis Supri & Di Perbarui Minggu, 25-11-2018
Menghitung biaya pembuatan pagar rumah

Jika anda memiliki rencana untuk membuat baru atau mengganti pagar besi lama di rumah anda atau juga aksesoris rumah lainnya yang berbahan besi, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu perkiraan besaran anggaran dana yang harus anda persiapkan untuk mewujudkan rencana anda tersebut. Lalu bagaiaman cara menghitung biaya pembuatan pagar besi dan juga produk aksesoris berbahan besi lainnya? Di sini akan saya beri tahu sedetail mungkin mengenai hal tersebut.

Selain pintu pagar (terkecuali pembuatan tangga besi), hampir semua jenis pekerjaan besi biaya atau jasa pembuatannya di hitung per meter persegi dan itu berlaku untuk semua bengkel las yang ada. Untuk menghitung perkiraan biaya dari pembuatan pintu pagar, mari kita mulai

menghitung biaya pembuatan pagar besi

Lihat juga gambar di atas! Sebagai contoh mudahnya, jika anda memiliki rumah dengan lebar gerbang akses keluar masuk (jarak antara tembok kiri dan kanan) sepanjang 4 meter (nomor 3) dan anda akan membuat pintu pagar setinggi 2 meter (nomor 1) atau sesuai dengan tinggi pagar tembok rumah anda, maka kebutuhan panjang pagar tersebut terhitung lebih dari 4 meter. Oke kita anggap saja panjangnya menjadi 4 meter 25CM (nomor 2), jadi total keseluruhan pintu pagar akan di dapatkan dengan menghitung 425cm x 200cm = 850MC persegi atau 8.5 meter persegi. jika pintu pagar yang anda pesan seharga Rp 450 ribu, 8.5m2 x 450.000 = 3.825.000.

Untuk biaya pembuatan pekerjaan besi lainnya, cara menghitungnya pun sama di hitung dalam meter persegi terkecuali pekerjaan tangga besi.

Semoga artikel ini bisa sedikit membantu anda dalam memperkirakan besaran anggaran yang harus anda keluarkan untuk membuat pintu pagar besi maupun pekerjaan besi lainnya. Terima kasi semoga bermanfaat